'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Syiar
Home » Syiar » Pengajian » Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) SEKAYU : MENGAWALI KEGIATAN AWAL TAHUN DENGAN PENGAJIAN
Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) SEKAYU : MENGAWALI KEGIATAN AWAL TAHUN DENGAN PENGAJIAN
08 Januari 2020 14:00 WIB | dibaca 333
oleh: PRA (SemTengah)

Ibu- ibu 'Aisyiyah Ranting Sekayu sedang memperhatikan materi yang disampaikan dengan seksama.

 

Semarang, 5 Januari 2020

Alhamdulillah Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA)  Sekayu yang masuk wilayah Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) semarang tengah pada hari  Ahad tanggal, 5 Januari 2020 mengawali tahun baru dengan mengadakan kegiatan Pengajian di salah satu anggota ‘Aisyiyah yaitu kediaman Ibu Sofiyah Harno. Dengan menghadirkan Ustadzah Maria Anna M.

 

Pengajian di PRA Sekayu diadakan rutin tiga kali setiap bulannya yaitu hari Ahad  pekan ke 1, hari Kamis pekan ke 2, dan hari ahad pekan ke 3. Tujuan pengajian adalah salah satu bentuk penguatan  organisasi dan silaturahim antar anggota, dan menanamkan keyakinan, memperdalam dan memperluas pengetahuan agama Islam bagi anggota PRA Sekayu. Kegiatan ini merupakan kebutuhan bersama sebagai santapan rohani, maka ibu-ibu yang tergabung di PRA Sekayu saling menguatan dan mengingatkan agar bisa menghadiri setiap pekannya.

 

Sebagaimana biasanya pengajian dimulai di sore hari, diawali pembukaan dengan membaca istighfar dan dua kalimat syahadat, dilanjut pembacaan ayat suci Al Qur’an surat At Taubah, menyanyikan lagu Mars ‘Aisyiyah sebagai spirit anggota dalam berorganisasi yang dilantumkan dengan penuh hikmat, dilanjutkan acara inti dari Ustadzah Maria Anna M dengan mengangkat materi “Mengungkap Tradisi Tahun Baru Masehi”,  serta dilanjut dengan jawab dan penutup. Materi tersebut sangat cocok karena baru beberapa hari kita memasuki tahun 2020.

 

 

 Ibu Maria Anna M  sedang menyampaikan materi 

 

 

Ustadzah Maria Anna M adalah seorang Mualaf, sesuai dengan materi yang akan disampaikan, Beliau mengawali dengan menyampaikan materi tentang Natal. Dasar penyampaian materi tersebut dikarenakan, ada  sebagian dari umat Islam yang merasa  bahwa sah- sah saja jika ada seorang muslimmenyampaikan ucapan natal kepada tetangga / teman non-Muslim, padahal menurut agama Islam hal tersebut tidak diperbolehkan. Beliau mengatakan, ucapan “selamat natal’ sama halnya adanya pengakuan bahwa agama mereka benar. Sedangkan hal  tersebut sangat bertentangan dengan agama Islam. Beliau menyampaikan secara detil tentang asal muasal natal. Materi selanjutnya adalah  tentang tahun baru. Fenomena yang ada dimasyarakat pada saat ini, banyak saudara muslim yang masih juga merayakannya di akhir tahun dengan hal-hal yang menyerupai  apa yang dilakukan oleh orang non-Muslim. Materi  tahun baru yang beliau sampaikan diawali dengan penjabaran secara rinci tentang asal muasal penetapan tanggal 1 Januari sebagai awal tahun baru masehi. Kemudian beliau juga menghimbau bahwasanya kegiatan yang dilakukan sebagian orang pada saat tahun baru adalah tidak diperbolehkan menurut Islam. Bahwasanya jika kita ikut merayakan maka kita termasuk dalam golongan tersebut. Sebagaimana dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Umar beliau berkata, “Rasulullah shallallaahu alaihiwa sallam bersabda,

مَنْتَشَبَّهَبِقَوْمٍفَهُوَمِنْهُمْ

“Barangsiapamenyerupaisuatukaummakaiatermasukbagiandarimereka”. (HR Abu Dawud, hasan)

 

Pada saat penyampaian materi juga diselingi dengan beberapa pertanyaan dari jamaah seputar materi yang disampaikan olehibu Maria Anna M.  Ibu- ibu mendengarkan dengan seksama materi tentang natal dan tahun baru tersebut.

Setelah acara tanya jawab, maka saatnya pengajian selesai. Namun sebelum acara ditutup, pembawa acara meminta pembacaan doa yang kemudian dipimpin oleh Ibu Hj Hamdanah. Setelah pembacaan doa selesai, pembawa acara menutup acara pengajian Aisyiyah Ranting Sekayu dengan membaca doa kafaratul majelis dan hamdalah secara bersama dengan jamaah. Pada saat penyampaian materi juga diselingi dengan beberapa pertanyaan dari jamaah seputar materi yang disampaikan oleh ibu Maria Anna M.  Ibu- ibu mendengarkan dengan seksama materi tentang natal dan tahun baru tersebut.

 

SemTengah

Hamdanah

Shared Post:
Pengajian Terbaru
Berita Terbaru