'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
WEBINAR GREEN ‘AISYIAH: GAS RUMAH KACA, PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM. Oleh Kepala BMKG Indonesia, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati M.Sc., Ph.D
23 Juli 2021 19:14 WIB | dibaca 42

Peserta webinar green 'Aisyiyah oleh PP'Aisyiyah

Semarang, 23 Juli 2021

“Mari kita bersama-sama bergotong royong untuk memahami perubahan iklim dan merubah sikap menjaga kelestarian lingkungan, menjaga alam agar alam menjaga kita” ajak Prof. Ir. Dwikorita Karnawati M.Sc., Ph.D, kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Indonesia di akhir acara webinar; Green 'Aisyiyah kepada ibu-ibu ‘Aisyiyah yang diadakan pada hari Juma’at siang hingga sore, tanggal 23 Juli 2021.

Webinar Geen ‘Aisyiyah ini diadakan oleh Lembaga Lingkunagan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHBP) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. Jumlah peserta webinar sebanyak 230 peserta baik Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah maupun Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah se-Indonesia. Selain menimba ilmu dan bertukar pikiran, acara tersebut juga menjadi ajang silaturahim ibu-ibu ‘Aisyiyah dari berbagai daerah.

Pada kesempatan tersebut, ibu Dwikorita yang akrab dipanggil  dengan ibu Rita, menjelaskan kepada peserta webinar tentang gas rumah kaca, pemanasan global dan perubahan iklim dunia saat ini, dan khususnya kondisi di Indonesia. seringnya  terjadi badai tropis dan perubahan iklim akhir-akhir ini adalah merupakan dampak dari perilaku manusia itu sendiri. Perubahan iklim secara alam itu dari dulu sudah ada, namun siklusnya bisa ratusan bahkan ribuan tahun lagi. Namun saat ini dengan semakin meningkatnya gas rumah kaca maka semakin membuat periode siklusnya semakin cepat.

Ibu Rita juga menjelaskan terjadinya El-Nino dan La-Nina dan juga badai tropis yang melanda Indonesi. Ibu Rita, mengingatkan bahwa kondisi iklim Indonesia sangat ekstrim. Namun demikian tetap bisa dideteksi. Yang harus dilakukan adalah merubah budaya masyarakat yang memandang biasa-biasa saja terhadap iklim menjadi budaya yang peduli terhadap perubahan iklim. Masyarakat kita masih banyak yang ababai terhadap peringatan-peringatan dari BMKG. Dan pada saat terjadi bencana kurang adanya persiapan. Untuk itu dengan diadakannya webinar tentang Mengatasi Bencana Akibat Dampak Perubahan Iklim oleh ‘Aisyiyah, ada harapan besar ‘Aisyiyah dapat membantu mengedukasi masyarakat tentang bahayanya perubahan iklim yang ekstrim di Indonesia.

‘Aisyiyah tersebar di seluruh pelosok dan kota di wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kebesaran nama Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah adalah merupakan harapan besar untuk bisa mengedukasi kepada masyarakat lewat cabang dan rantingnya, anak-anak sekolah lewat amal usaha pendidikannya, petani dan nelayan di masyarkat. Dan menciptakan kader-kader Pembina dan penggerak yang militan, Insyaallah dapat membantu menyebar luaskan tentang bagaimana cara mengatasi bencana akibat dampak perubahan iklim kepada masyarakat luas. Sehingga saat bencana akan dating masyarakat luas sudah matang persiapannya. Kita tidak bisa merubah iklim alam tetapi kita harus dapat menekan seminimal mungkin akibat yang akan terjadi. Dan berperilaku baik terhadap alam.

[lppa Indah]

Shared Post: