'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TK ABA 47 KOTA SEMARANG: MAKAN BERSAMA
18 Januari 2020 08:09 WIB | dibaca 984

Suasana makan bersama TK ABA 47 Gedawang Banyumanik

Makan bersama adalah salah satu program yang dilaksanakan di TK Bustanul Athfal  47 Gedawang Banyumanik Semarang. Maksud dan tujuan dari program makan bersama adalah melatih anak agar bisa mandiri. Jajan sembarangan di seitar sekolah juga dapat dicegah. Makan bersama dengan tema makanan yang sama, dapat memperkenalkan jenis makanan dan manfaatnya pada anak dan menumbuhkan kebersamaan.

 

Jum’at, 17 Januari 2020, adalah waktu ekstrafooding/ makan bersama di TK ABA 47. Tema hari ini adalah sayur bayam. Makanan disiapkan oleh orang tua siswa masing masing dari rumah. Namun tema ditentukan dari sekolah. Adapun lauk pauknya disesuaikan dengan kesukaan putra putri mereka. Mengapa sayur bayam sebagai tema makan bersama? Sebagian besar anak anak sekarang kurang suka sayuran. Dengan makan bersama ini ibu Guru  menjelaskan pentingnya sayuran. Setelah dijelaskan, mereka makan bersama dan terlihat senang, bergembira dan akhirnya suka mengkonsumsinya.

 

Makan barsama dilakukan pada jam 09.00 – 10.00 wib. Sebelum jam makan bersama ibu guru sudah memulai persiapan. Sambil menunjuk jam dinding ibu guru bertanya: “Anak anak sekarang jam berapa?” Jam sembilan bunda..... jawab mereka serempak. Jadi sekarang waktunya apa? Lagi lagi mereka menjawab dengan kompak; “ Makan bersama Bunda.....”. Seketika  suasana kelas sangat ramai. Anak–anak mengambil bekal yang sudah disiapkan orang tua masing-masing. Mereka makan dengan didampingi ibu guru. Terlihat masih ada anak yang tidak mau makan sayur bayam. Ibu Guru dengan sabar membujuk dan menyuapi untuk merasakan nikmatnya sayur bayam. Mereka juga terlihat berbagi lauk pauk dengan teman.

 

Dari makan bersama ini banyak manfaat yang diperoleh. Melatih kemandirian anak, melatih kebersamaan mereka dan belajar berbagi dengan teman. Anak yang kurang suka sayuran, menjadi mau makan sayuran karena melihat semua teman teman juga makan sayur. Namun demikian kemandirian mereka tetap dalam pengawasan dan bimbingan ibu guru dengan sabar dan telaten. Sebelum jam 9.45 wib sdh banyak yang sudah selesei makan. Ibu guru membimbing merapikan kembali tempat makannya dan mengajarkan mencuci tangan. Setelah makan bersama selesei di akhiri dengan membaca do’a, sebagaimana saat mau makan juga diawali dengan membaca do’a.

 

Pada saat program makan bersama orang tua dihimbau tidak memberikan snack. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak saat makan bisa lebih semangat dan lahap. 

 

[Indah lppa]

Shared Post: