'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TERUS BERGERAK DI TENGAH PANDEMI
06 Mei 2020 14:33 WIB | dibaca 659

 

Flyer Ramadhan Masjid Attaqwa Patemon

Ketua Takmir Masjid At Taqwa Patemon Gunungpati, Prof Dr. Masrukhi, M.Pd. menggandeng seluruh ortom Muhammadiyah untuk menyemarakkan kegiatan ramadhan di lingkungan Muhammdiyah kecamatan Gunungpati meskipun tengah berada dalam suasana pandemi, diantaranya Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gunungpati II, Pimpinan Cabang Aisyiah Gunungpati, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Hamka Universitas Negeri Semarang. Dalam rapat online via media zoom, disepakati beberapa kegiatan diantaranya yaitu pengadaan takjil gratis, bakti sosial, kultumedia, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang tidak biasa, yaitu kultumedia, dimaksudkan adalah sebagai pengganti kultum yang biasanya dilaksanakan setiap selesai melaksanakan sholat tarawih. Mengikuti anjuran dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah,  pelaksanakan sholat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing. Maka agar warga Muhammadiyah tidak kehilangan kesempatan menimba ilmu, diadakanlah kultum online yang kemudian disebut kultumedia. Kegiatan ini dilaksanakan setiap pukul 20.00 WIB secara online melalui media zoom, dan disiarkan secara live streaming di youtube dan facebook masjid At Taqwa Patemon. Pembicara atau pengisi kultumedia tidak hanya diambil dari anggota organisasi Muhammdiyah di lingkungan Gunungpati saja, tetapi menggandeng dari beberapa Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) diantara PCIM Taiwan, PCIM Tiongkok, PCIM Turki, dan PCIM Malaysia. Juga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang diisi langsung oleh bapak ketua PWM, beliau bapak Drs. H. Tafsir, M. Ag pada tanggal 29 April 2020. Serta Pimpinan Wilayah Aisyiah, dan beberapa dosen dari UNNES maupun UNIMUS (Universitas Muhammadiyah Semarang).

Peserta Pengajian Daring Ramadhan PCM/PCA Gunungpati

Peserta Pengajian Daring 6 Ramadhan PCM/PCA Gunungpati

Pimpinan Cabang Aisyiah Gunungpati turut mengambil bagian untuk menjadi pengisi pada kultumedia tanggal 5 Mei 2020, yaitu ibu Dr. dr. Nugrahaningsih Wahyu Harini, M.Kes yang memberikan materi tentang pelaksanaan ibadah puasa di tengah corona. Serta dijadwalkan Ibu Dr. Hj. Ummul Baroroh, M. Ag, ketua Pimpinan Wilayah Aisyiah Jawa tengah akan menjadi pembicara kultumedia pada tanggal 9 Mei 2020. Hal ini membuktikan bahwa dengan segala keterbatasan di tengah pandemi Covid-19, Aisyiah tetap dapat melaksanakan syiar dan justru dapat lebih luas jangkauannya.

Kegiatan ini dapat berlangsung tentunya atas kerja sama berbagai pihak. Diharapkan kegiatan ini dapat berlangsung dan tetap dilaksanakan di kemudian hari. Pandemi Covid-19 bukanlah alasan untuk berdiam diri di rumah tanpa melaksanakan kegiatan apa-apa. Nyatanya, dengan memanfaatkan teknologi yang ada, meski hanya di rumah saja, syiar tetap dapat terlaksana. Fastabiqul khairat.

[Adelia GPati]

Shared Post: