'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PELATIHAN SIA? APA ITU SIA??? AYO MAJU BERSAMA SIA.... !!!
14 Maret 2017 15:50 WIB | dibaca 896

 

Ibu ketua PDA Kota Semarang dan Pengurus  LPPA Kota Semarang

 

Alhamdulillah ‘Aisyiyah Kota Semarang pada hari Ahad, tanggal 12 Maret 2017 telah melaksanakan Pelatihan SIA (Sistem Informasi ‘Aisyiyah) di Kampus II UNIMUS Fak Teknik, jln Kasipah No. 12 Dr Wahidin Semarang. Peserta pelatihan terdiri dari Majelis dan Lembaga Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah kota Semarang dan juga utusan PCA se-Kota Semarang.

 

  

Situasi peserta di ruang kelas komputer

 

SIA adalah Sistem Informasi ‘Aisyiyah yaitu media penyampaian informasi terkait aktifitas ‘Aisyiyah dari Pusat sampai Daerah yang didalamnya terdapat semua alamat website untuk seluruh Pimpinan Wilayah (PWA), Pimpinan Daerah (PDA) bahkan Pimpinan Cabang Istimewa (PCIA) yang berada di Luar Negeri.

Sehubungan dengan telah diluncurkannya SIA maka ‘Aisyiyah Kota Semarang juga ikut berbenah diri. Pelatihan diadakan mulai jam 09.00 sampai dengan 15.00 wib, dengan tema: ”Penguatan Kelembagaan ‘Aisyiyah melalui Sistem Informasi ‘Aisyiyah (SIA) Menuju Perempuan Berkemajuan”. Pelatihan dibuka oleh Ibu ketua PDA Kota Semarang Ibu Hj. Widyastuti Renaningsih SH, dan selanjutnya diserahkan pelaksanaanya kepada ketua  LPPA PDA Ibu Dr. Hj. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.

Tujuan  diadakan pelatihan SIA adalah:

•      Meningkatkan kemampuan SDM  ‘Aisyiyah dalam membuat  narasi yang baik.

•      Meningkatkan pemahaman dan keterampilan SDM ‘Aisyiyah khususnya Majelis dan

       Lembaga PDA Kota Semarang dalam peran serta pada website.

•      Terwujudnya data base organisasi melalui Sistem Informasi Aisyiyah.

 

Pelatihan SIA bagi SDM ‘Aisyiyah di Kota Semarang sangat diperlukan. Mengapa? Karena perkembangan IT (Informasi Tehnologi) dan komunikasi yang sangat pesat maka SIA sudah merupakan “kebutuhan”, yang harus dipenuhi. Pada pelatihan SIA  ini LPPA PDA  Kota Semarang selain melatih Majelis dan Lembaga yang ada di PDA Kota Semarang, juga mengundang  semua PCA se-Kota Semarang. Karena mereka adalah ujung tombak dari kegiatan ‘Aisyiyah. PCA belum diberi wewenang untuk mengunggah langsung ke website, namun mereka dapat menggunggah semua kegiatan melalui LPPA PDA. Jadi kegiatan unggulan setiap PCA dapat diunggah dengan cepat di website.

Tingkat  ketertarikan peserta Pelatihan SIA, dapat dilihat dari banyaknya narasi yang sudah di unggah ke website. Walaupun ada beberapa narasi yang masih jauh dari sempurna, namun semua peserta sudah langsung praktek cara membuat narasi, mengunggah ke website dan melihat langsung cara menginput data base.

LPPA PDA Kota Semarang punya harapan besar agar anggota ‘Aisyiyah dapat ikut berkiprah dalam memajukan Perempuan berkemajuan lewat Website dan menyempurnakan data base melalui SIM (Sistem Informasi Managemen) secara online baik profil organisasi,data amal usaha, aset aset yang dimiliki atau data – data yang lain.

Semangaaaat...............

(lndah lppa)

Shared Post: