'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI MEMENTUKAN HASIL BELAJAR
27 Februari 2017 22:10 WIB | dibaca 1412

METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI

MEMENTUKAN HASIL BELAJAR

Pemenang lomba kreatif kerja sama orang tua dan anak tema "alat komunikasi" di TK ABA 44 Kota Semarang.

Proses belajar mengajar merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam pendidikan. Kualitas lembaga pendidikan dapat tercermin dari kualitas proses pembelajarannya. Maka selain sarana dan prasarana yang sesuai perlu pula adanya seorang Pendidik yang kompeten di bidangnya.Selain itu peran serta Orang Tua didik juga memegang peranan penting dalam keberhasilan anak dalam pendidikan.

Dengan adanya seorang Pendidik yang kompeten maka diharapkan dapat menjabarkan kurikulum dengan baik dan benar. Sedangkan peran serta Orang Tua dalam mendampingi putra putrinya dalam belajar adalah kerja sama yang sinergis tercapainya pembelajaran yang berkualitas.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka TK ABA 44 Kec. Banyumanik menjabarkan kurikulum tentang “Alat – alat Komunikasi”. Maksud dari kurikulum tersebut adalah anak anak TK ABA akan mengetahui jenis alat komunikasi : Hand Phone, Telepon rumah, Radio, Televisi, Surat Kabar, Satelit dan lain lain. Setelah mengetahui dan mengenalnya bentuknya anak anak harus tahu fungsi dan manfaat dari alat alat komunikasi tersebut.

Sistem pembelajaran kurikulum tersebut adalah: seluruh siswa TK ABA baik kelompok A dan B sejumlah 109 anak selama 1 (satu) bulan diajak untuk mengenal semua alat alat komunikasi. Dan selanjutnya mengadakan lomba membuat miniatur alat alat komunikasi dari bahan bahan bekas. Lomba membuat miniatur alat komunikasi ini diikuti oleh anak anak TK ABA dengan dibantu orang tua dan dikerjakan di rumah. Adapun ketentuan dari lomba ini adalah:

1.      Hasil kerja sama orang tua dan anak

2.      Miniatur alat komunikasi

3.      Ukuran miniatur 20 x 30 cm

4.      Dari bahan bekas

  

Foto bersama Pemenang lomba dan Ibu Guru TK ABA 44 Banyumanik Semarang

Penerapan kurikulum tersebut disambut antusias oleh Peserta Didik, Orang Tua Siswa dan juga Pendidik. Penilaian dari kegiatan ini adalah kreativitas, kerapihan, kesesuaian bentuk, dan bahan yang digunakan dari miniatur yang dihasilkan.

Pelaksanaan lomba dilakukan pada hari Kamis, tanggal 23 Pebruari 2017. Dan hasil lomba tersebut adala sebagai berikut:

Juara I             :  Diva kelas Aster              hasil karya  : Televisi 3 D

Juara II            :  Devina kelas Teratai       hasil karya  : Satelit

Juara III          :  Khairin kelas Teratai      hasil karya   : Telepon Rumah

Harapan I        :  Salsabila kelas Mawar    hasil karya   : Telepon Rumah

Harapan II       :  Shila kelas Teratai           hasil karya   : Pemancar

Harapan III     :  Ijlal kelas Aster               hasil karya   : Radio

  

Inilah hasil dari kreatifitas kerjasama antara orang tua dan anak – anak TK ABA 44 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Jawa Tengah. 

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari