'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN PENDIDIK PAUD AISYIYAH WONODRI
20 April 2020 09:45 WIB | dibaca 373

Salah satu dampak wabah corona covid-19 adalah sektor pendidikan. Kegagapan jelas nampak dikalangan guru dan orang tua murid. Keharusan untuk di rumah saja, mengharuskan guru dan murid berjarak, dan  meniadakan tatap muka langsung . Tentu saja ini cukup memusingkan para guru untuk mengatur agar pembelajaran tetap terus berlangsung di tengah pandemi. Demikian juga yang terjadi di kalangan PAUD Aisyiyah Wonodri yang terdiri dari TK ABA 04. KBA 02 dan TPA Aisyiyah Wonodri.

Pembelajaran online adalah salah satu cara yang ditempuh agar KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar berjalan sesuai dengan rencana dan target di lingkungan sekolah masing-maing. Akan tetapi banyak guru yang belum mempunyai kemampuan akan literasi digital, sehingga menyulitkan untuk mengoperasikan beberapa aplikasi ONLINE seperti goggle meeting dan zoom. Atau membuat video pembelajaran dengan konten yang menarik.

Ketertinggalan akan kemampuan literasi digital di kalangan pendidik ini disadari oleh PRA  Wonodri selaku penyelenggara PAUD Aisyiyah Wonodri. Maka pada tanggal 20- 21 April 2020 diselenggarakan Workshop Peningkatan Literasi Digital di kalangan PTK PAUD Aisyiyah Wonodri. Dengan bahasan hari pertama pembuatan video pembelajaran, membuat konten dan presentasi, dan pada hari kedua tentang aplikasi zoom dalam membantu pembelajaran lewat kelas online.

Kegiatan workshop berlangsung di gedung 2 PAUD Aisyiyah Wonodri,  diikuti oleh Guru TK ABA 04 sebanyak 10 orang, Guru KBA 02 sebanyak 4 orang dan Guru TPA sebanyak 5 orang, ditambah dengan tenaga kependidikan 2 orang. Tidak ketinggalan juga ketua PRA Wonodri ibu Noor Aini dan ketua Majelis dikdasmen PRA Ibu Aswim Shouwwamah ikut semangat bercampur dengan para guru yang usianya jauh lebih muda. Karena memang literasi digital saat social distancing seperti saat ini dibutuhkan oleh semua lintas usia dan lintas profesi.

Workshop berlangsung dengan sersan, serius tapi santai, semua peserta khusyuk mendengarkan dan semangat mempraktekkanya. Riuh suara para guru yang belajar membuat video dan mencoba membuat kelas online, membuat waktu 2 hari terasa pendek. Pemateri yang berasal dari guru-guru TPA membuat materi workshop cukup mudah dipahami dan mudah untuk dipraktekkan.

Selamat datang di era digital para Guru, anak yang kita didik saat ini akan berada di masa datang dengan kecepatan  4 kali lebih canggih dari masa sekarang, maka kita beri mereka pondasi yang kuat, melalui guru-guru yang melek digital. Semangat terus di era serba online….

 

       

     (Workshop Literasi Digital PAUD Aisyiyah Wonodri Semarang 20 – 21 April 2020)

 

 

[Zakiyah Ssel]

Shared Post: