'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LEMBAGA PELAYANAN HUSNUL KHATIMAH (LPHKh)
25 Juni 2022 13:17 WIB | dibaca 88

PIMPINAN DAERAH ‘AISYIYAH KOTA SEMARANG

Gerbang masuk makam Husnul Khatimah jl. Raya Patemon, lelurahan Patemon, Gunungpati Semarang

‘Aisyiyah merupakan organisasi ortonom untuk perempuan dari Persyarikatan Muhammadiyah, berbasis gerakan Islam, dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan tajdid berasas Islam serta bersumber kepada Al Qur’an dan As Sunnah. 

Adapun tujuan organisasi Aisyiyah berupa keinginan untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam hingga dapat mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar – benarnya, adil dan makmur yang mendapatkan ridha Allah, juga agar tercapainya usaha – usaha Aisyiyah untuk menguatkan dan mengembangkan dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan lebih berkualitas dan menuju masyarakat yang madani. Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut maka, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah kota Semarang dibentuk beberapa Majelis dan Lembaga dalam menjalankan perannya, agar dapat menjalakan program yang telahdirencanakan dengan optimal. Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Semarang, memiliki satu Lembaga khusus yang belum dimiliki oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah se-Jawa Tengah, yaitu Lembaga Pelayanan Husnul Khatimah (LPHKh). Lembaga ini bergerak dalam pengurusan jenazah secara syar’i dan penyediaan makam bagi umat muslim, baik untuk warga Muhammadiyah maupun untuk masyarakat muslim umum di kota semarang.  Untuk mendapatkan pelayanan pengurusan jenazah harus mendaftar sebagai anggota aktif, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk lahan Pemakaman, karena semakin tahun permintaan semakin meningkat, maka kami akan terus berusaha melakukan pengembangan lahan.

Husnul Khatimah, Akhir Yang Baik.

Salah satu hal yang menjadi harapan seluruh umat muslim tentu saja adalah agar dapat meninggal dengan husnul khotimah. Secara istilah, husnul khotimah ini bermakna penutupan yang baik. Secara makna bahasa, husnul khotimah merujuk kepada keadaan baiknya akhir hayatnya seseorang, dimana orang tersebut meninggal dunia dalam keadaan beriman, beragama Islam dan diridhoi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana keadaan akhir meninggalnya seseorang mendapat perhatian yang sangat besar dalam agama Islam, Islam pun telah memberikan tuntutan dan tuntunan kepada umatnya bagaimana kita memperlakukan seseorang saat ia tengah menghadapi akhir hayat dan setelah ia meninggal dunia.

Husnul Khatimah, Lembaga Pelayanan PDA Kota Semarang

Makna husnul khatimah yang mendalam tersebut kemudian menjadi inspirasi nama dari salah satu lembaga di PDA Kota Semarang yang bergerak di bidang pengurusan pelayanan jenazah sesuai syariat Islam. LembagaPelayanan Husnul Khatimah ini berangkat dari keprihatinan Pimpinan Daerah Aisyiyah dalam melihat kenyataan bahwa kita masih banyak menjumpai berbagai praktek perawatan jenazah di masyarakat yang tidak sesuai dengan apa yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW, bahkan bertentangan dan membahayakan aqidah.Di lain sisi, perawatan jenazah sesuai tuntunan Islam merupakan kewajiban fardhu kifayah bagi kita umat Islam seluruhnya. Oleh karenanya, sebagai organisasi gerakan amar ma’ruf nahi munkar, Muhammadiyah bersama dengan ‘Aisyiyah terpanggil untuk memberikan pelayanan perawatan jenazah sesuai dengan yang dituntunkan Islam dengan memperhatikan aspek medis dan profesionalitas.

 

Peresmian perluasan masjid, makam,  dan unit usaha lembaga husnul khatimah oleh walikota semarang bapak Hendrar Prihadi

2003, Hingga Sekarang Dan Insyaa Allah Seterusnya

Kiprah Lembaga Pelayanan Husnul Khatimah (LPHKh) telah dimulai sejak tahun 2003 silam. Bermula dari pelatihan perawatan jenazah bagi para kader, Husnul Khatimah kemudian resmi memberikan operasi layanan pada bulan Februari 2003. Layanan yang diberikan adalah layanan perawatan jenazah berupa layanan memandikan, mengkafani, mensholatkan dan pemakaman jenazah sesuai ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Layanan ini diberikan tidak hanya untuk warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, tetapi juga diperuntukan untuk masyarakat umum.

Seiring berjalannya waktu, lembaga ini terus mengembangkan diri. Melalui sosialisasi, pelatihan dan pelayanan kepada segenap lapisan masyarakat, alhamdulillah lembaga ini terus mendapatkan respon positif dari masyarakat. Di tahun 2012, Lembaga Pelayanan Husnul Khotimah melakukan perluasan bidang usaha melalui pembelian lahan yang diperuntukan sebagai area pemakaman muslim. Jasa perawatan jenazah dan penyediaan area makam bagi umat muslim kemudian menjadi unit usaha utama dari lembaga Husnul Khotimah ini. Perluasan area makam dan penyediaan fasilitas di area tersebut masih terus berlanjut hingga sekarang. Dengan dukungan dari banyak pihak, saat ini (Juni 2022) Lembaga Pelayanan Husnul Khotimah mengelola lahan dengan luas total sebesar 13.763 m2. Lahan tersebut terletak di wilayah Kec. Gunungpati, Kota Semarang dan diperuntukan sebagai area pemakaman muslim serta area masjid, kantor dan unit usaha. Area ini memiliki kapasitas sebanyak 2.815 makam, dan saat ini telah terpesan sebanyak 2.436 makam, yang belum dipesan sebanyak 152 makam. Dalam jumlah tersebut kami juga menyediakan makam untuk dhuafa’ sebanyak 227 makan, yang saat ini sudah ada 4 makam yang ditempati.

     

gbr dari kiri ke kanan: ibu-ibu sedang pelatihan perawatan jenazah, area makam husnul khotimah, bapak-bapak sedang pelatihan perawatan jenazah

Husnul Khotimah, Tantangan dan Harapan

Saat ini sebanyak 8.697 umat muslim Kota Semarang dan sekitarnya telah terdaftar sebagai anggota lembaga ini. Perihal semakin meningkatnya jumlah anggota ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi lembaga ini untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik. Kaderisasi terus diupayakan. Harapan dari lembaga ini, di masa mendatang, seluruh Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di Kota Semarang telah memiliki tenaga perawatan jenazah yang mumpuni dan peralatan merawat jenazah yang lengkap, serta saranan prasarana yang mewadahi. Hal ini bertujuan agar pemberian layanan perawatan jenazah kepada warga sekitar dapat dilakukan dengan lebih optimal. Masa pandemi covid juga menjadi penyemangat LPHKh untuk tetap memberi pelayanan yang baik. Sehubungan dengan adanya pembatasan sosial dengan istilah di Jawa Tengah jogo tonggo, LPHKh melayani pendaftaran dan pembabayar secara on-line.

Syarat untuk dapat menjadi anggota adalah; beragama Islam, sehat jasmani, mengisi formulir pendaftaran, membayar uang pendaftaran, membayar iuran bulanan sesuai dengan ketentuan, menyerahkan 2 lbr foto 3x4 dan foto copy KTP. Anggota aktif, yang melaksanakan kewajiban akan mendapatkan hak-haknya secara penuh sebagai anggota.   

Layanan penyediaan area makam sangat dirasakan manfaatnya oleh umat muslim Kota Semarang. Lahan makan di Kota Semarang dirasakan semakin sulit karena banyak lahan yang sudah penuh. Kondisi ini membuat Lembaga Pelayanan Husnul Khatimah terpacu untuk berbenah diri untuk memanag usaha area lahan pemakaman dengan baik dan benar secara syar’i dan tidak memberatkan keluarga umat muslim yang meninggal dunia. Selain berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan, perluasan lahan juga menjadi prioritas dalam usaha ini.

Semoga, Lembaga Pelayanan Husnul Khotimah dapat terus mengemban misi pelayanan terhadap umat dan menegakan syiar Islam sesuai tuntunan Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Insyaa Allah.

Aamiin, aamiin, yaa robbal ‘alamiin

 

[LPPA Kosem]

Indah

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari