'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LEMBAGA PELAYANAN HUSNUL KHATIMAH (LPHKH) bag 2
11 Februari 2022 07:51 WIB | dibaca 100

PIMPINAN DAERAH 'AISYIYAH KOTA SEMARANG

 

Latihan Perawatan jenazah bagi bapak-bapak dan latihan perawatan jenazah ibu-ibu

Husnul Khatimah, Lembaga Pelayanan PDA Kota Semarang

 

Makna husnul khatimah yang mendalam tersebut kemudian menjadi inspirasi nama dari salah satu lembaga di PDA Kota Semarang yang bergerak di bidang pengurusan pelayanan jenazah sesuai syariat Islam. LembagaPelayanan Husnul Khatimah ini berangkat dari keprihatinan Pimpinan Daerah Aisyiyah dalam melihat kenyataan bahwa kita masih banyak menjumpai berbagai praktek perawatan jenazah di masyarakat yang tidak sesuai dengan apa yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW, bahkan bertentangan dan membahayakan aqidah.Di lain sisi, perawatan jenazah sesuai tuntunan Islam merupakan kewajiban fardhu kifayah bagi kita umat Islam seluruhnya. Oleh karenanya, sebagai organisasi gerakan amar ma’ruf nahi munkar, Muhammadiyah bersama dengan ‘Aisyiyah terpanggil untuk memberikan pelayanan perawatan jenazah sesuai dengan yang dituntunkan Islam dengan memperhatikan aspek medis dan profesionalitas.

 

  

2003, Hingga Sekarang Dan Insyaa Allah Seterusnya

Kiprah Lembaga Pelayanan Husnul Khatimah (LPHKh) telah dimulai sejak tahun 2003 silam. Bermula dari pelatihan perawatan jenazah bagi para kader, Husnul Khatimah kemudian resmi memberikan operasi layanan pada bulan Februari 2003. Layanan yang diberikan adalah layanan perawatan jenazah berupa layanan memandikan, mengkafani, mensholatkan dan pemakaman jenazah sesuai ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Layanan ini diberikan tidak hanya untuk warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, tetapi juga diperuntukan untuk masyarakat umum.

 

Seiring berjalannya waktu, lembaga ini terus mengembangkan diri. Melalui sosialisasi, pelatihan dan pelayanan kepada segenap lapisan masyarakat, alhamdulillah lembaga ini terus mendapatkan respon positif dari masyarakat. Di tahun 2012, Lembaga Pelayanan Husnul Khotimah melakukan perluasan bidang usaha melalui pembelian lahan yang diperuntukan sebagai area pemakaman muslim. Jasa perawatan jenazah dan penyediaan area makam bagi umat muslim kemudian menjadi unit usaha utama dari lembaga Husnul Khotimah ini. Perluasan area makam dan penyediaan fasilitas di area tersebut masih terus berlanjut hingga sekarang. Dengan dukungan dari banyak pihak, saat ini (Juni 2022) Lembaga Pelayanan Husnul Khotimah mengelola lahan dengan luas total sebesar 13.763 m2. Lahan tersebut terletak di wilayah Kec. Gunungpati, Kota Semarang dan diperuntukan sebagai area pemakaman muslim serta area masjid, kantor dan unit usaha. Area ini memiliki kapasitas sebanyak 2.815 makam, dan saat ini telah terpesan sebanyak 2.436 makam, yang belum dipesan sebanyak 152 makam. Dalam jumlah tersebut kami juga menyediakan makam untuk dhuafa’ sebanyak 227 makan, yang saat ini sudah ada 4 makam yang ditempati.

 

[ LPPA Kosem]

Indah

Shared Post: