'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LEBARAN TANPA JABAT TANGAN
06 Juni 2020 09:28 WIB | dibaca 350

 

Setiap umat muslim di Indonesia , merasakan ada yang berbeda  pada perayaan Idul Fitri tahun  1441 H /  2020 M. Tak ada mudik, tak ada jabat tangan, tak ada krembulan seperti  sebelumnya. Tak ada lagi orang berbondong-bondong berjalan menuju tanah lapang atau masjid. Sementara takbir berkumandang dengan penuh rasa gembira menyambut kemenangan atas penaklukan hawa nafsu di bulan Ramadhan,

Sedih, sudah pasti kita rasakan. Kehilangan kebiasaan sejak lahir ,  tentu  hati  nelangsa . Apalagi perasaan  anak yang tak bisa bersimpuh dihadapan orang tua karena jauh merantau , begitupun orang tua yang tak bisa bersua dan berkumpul bersama  anak cucu  yang biasanya hanya  setahun sekali berjumpa, tambah keronto-ronto hati nya. Namun tetap terucap Takbir sebagai bentuk pengakuan hanya ALLAH yang Maha Besar.

Mensyukuri  nikmat karena masih diberi kesehatan, hanya itu yang terus kita tanamkan dalam diri sebagai bentuk pengakuan akan kelemahan kita sebagai umat manusia yang tak punya daya. Hanya bisa berharap semoga pandemik ini cepat berlalu , agar lebaran seperti ini hanya cukup sekali ini saja. Dan tahun depan dapat berlebaran seperti kebiasaan sebelumnya. Penuh dengan kemeriahan warna warni baju baru, tebaran saweran dari sanak saudara, anjangsana dari rumah ke rumah, peluk mesra sebagai bentuk meleburkan salah dan khilaf.

Kali ini lebaran tanpa jabat tangan tak apa apa, terus berdoa semoga tak akan terulang lagi kejadian yang sama . Selamat Idul fitri 1441 H / 2020 M, taqobbalahu minna waminkum , syimana wa syiyamakum, mohon maaf lahir dan batin….

[Zakiyah Ssel]

Shared Post: