'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
KREASI PCA SEMARANG SELATAN DALAM MENYEMARAKKAN LOMBA VIDEO DA'IYAH
09 Juni 2020 09:37 WIB | dibaca 444

   

Proses syuting

Pengumuman lomba itu kami terima pada akhir Mei 2020, lewat grup WhatsApp Pengurus PCA Semarang Selatan. Majelis Tabligh  PDA Kota Semarang, di bulan Mei  ini melaksanakan kegiatan Lomba  Video Da’iyah, dengan peserta  semua PCA yang ada di kota Semarang. Menanggapi kegiatan tersebut PCA Semarang Selatan tentu saja tidak mau ketinggalan  dalam berpartisipasi. Momen yang bagus untuk meningkatkan kemampuan para anggota Aisyiyah dalam berda’wah dengan rasa milenial dalam kemasan video yang menarik dan mudah diakses dengan smartphone.

Proses pembuatan video tidaklah terlalu sulit, Ustadzah Nadhifah selaku pemeran utama mubalighoh terlebih dahulu menyiapkan materi dakwah yang diambil dari Surah Attaubah ayat 41. Kemudian 2 orang kru video , Bu Dewi dan Bu Rini menyiapkan skenario,  memilih lokasi syuting untuk pengambilan gambar, dan menyiapkan materi penunjang lainnya .Semua hal itu dipersiapkan agar tampilan video menjadi menarik untuk  dilihat dan da’wah yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami .

Pengambilan gambar video, mengambil lokasi di Masjid At Taqwa dan Masjid As Salam Wonodri Semarang. Teriakan “action”, “cut” di pagi itu sering terdengar di area syuting, layaknya sutradara handal dalam membuat sebuah film. Bagaimana mengatur posisi nara sumber berdiri atau duduk, menyiasati suara-suara luar yang masuk agar tidak mengganggu suara pemain utama, mengatur pernak-pernik baju agar tampilan menjadi cantik menjadi keseruan tersendiri bagi kami. Proses syuting yang hanya bermodalkan kamera HP ,molor dari rencana  semula yang diperkirakan hanya memakan waktu satu  jam menjadi dua  jam. Namun tak Nampak raut kelelahan hanya wajah-wajah sumringah dengan penuh semangat menuntaskan kegiatan hari itu. Akhirnya sebelum adzan dzuhur berkumandang, proses syuting selesai dan ditutup dengan sholat berjama’ah di Masjid As Salam.

Langkah selanjutnya , gambar-gambar yang telah diambil, masuk proses editing. Proses ini juga tidak memakan waktu lama. Membutuhkan waktu satu hari  untuk menggabungkan dan menambahkan efek tampilan video, menambah backsound dan efek lainnya. File video yang telah disimpan  dalam format mp4, kembali harus diproses agar dapat dikirim dan ditampilkan di Handpone melalui whatsapp. Setelah semua proses terlewati, akhirnya video  dapat dikirim ke pihak panita. Maka tuntaslah 2 hari kerja kami dalam berkreasi membuat video da’iyah dengan judul “Hidup Hanya Untuk Menggapai Ridho Allah” dengan durasi 7 menit 3 detik.  Masih cukup waktu memenuhi tenggat waktu yang ditentukan oleh panitia yaitu dari tanggal 2 hingga 8 Mei 2020. Semoga video dari PCA Semarang Selatan dapat meramaikan dan mensukseskan gelaran acara yang diselenggarakan oleh Majeli Tabligh PDA Kota Semarang dan semakin banyak Mubalighoh-mubalighoh ‘Aisyiyah yang dikenal oleh masyarakat luas.

 

[Zakiyah Ssel]

Shared Post: