'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
SEMARAK MUKTAMAR 'AISYIYAH KE-48; JALAN SEHAT DAN GERAKAN NOL SAMPAH
10 September 2022 15:28 WIB | dibaca 49

 

Semarang, 6 September 2022

Jalan Sehat dalam rangka menyemarakan datangnya Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Solo menjadi perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat Kota Semarang. Selain sebagai ajang silaturahim warga Muhammadiyah dan simpatisan, seluruh masyarakat juga bergembira karena hadiah utama yang sangat menarik. Hadiah utama berupa 4 tiket Umrah gratis. Masih banyak hadiah yang lain; motor dan barang elektronik yang lainnya.

Pada pelaksaan Jalan sehat, ada sisi lain yang juga cukup menarik, yaitu penanganan sampah pada pelaksanaan jalan sehat. Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Dr. Ummul Baroroh, M.Ag, menjelaskan bahwa pelaksanaan Jalan Sehat hari Ahad tanggal 11 september 2022, disertai dengan gerakan nol sampah. Para peserta diharapkan membawa air minum dengan tempat yang bisa digunakan kembali dari rumah. Gerakan ini merupakan uji coba yang akan diterapkan pada saat pelaksanaan Muktamar ke-48 di Solo yang akan datang.

Namun demikian Muhammadiyah tetap menerjunkan pasukan pemungut sampah di sepanjang rute Jalan Sehat sepanjang 4 km. Muhammadiyah akan mengerahkan personil dari Hizbun Wathan,  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci. Mereka siap mengamankan sampah dari peserta jalan sehat. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah terhadap lingkungan.

Dalam muktamar ke-48  di Solo mendatang akan menerapkan konsep yang sama yaitu gerakan nol sampah atau Green Muktamar. Jumlah  penggembira Muktamar diperkirakan lebih dari 1 juta orang. Untuk itu maka sangat diperlukan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Sedangkan persipan pengamanan peserta jalan sehat ketua panitia bapak Karnadi Hasan sudah bekerjasama dengan Polrestabes Kota Semarang dan Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu ketua panitia juga menjelaskan masih ada rangkaian kegiatan dalam memeriahkan  Muktamar ke-48.

 

#muktamar48

#muhammadiyah

#aisyiyah

#jalansehat48

 

[Lppa Indah]

Shared Post: