'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
IBU KETUA PWA JAWA TENGAH RESMI MEMBUKA MUSYPIMDA II, PDA KOTA SEMARANG (2)
06 September 2020 17:10 WIB | dibaca 353

 Ketua PWA Jawa Tengah  Ibu DR. Umul Baroroh, M.Ag., I bu- ibu 'Aisyiyah Peserta online, dan Ketua PMD Kota Semarang Bpk  Drs. H. Fachrur Rozi, M.Ag

 

Semarang, 6 September 2020

Dengan mengangkat tema: “Dinamika Gerakan Menebar Islam Berkemajuan Di Era Pandemi Covid-19”, PDA Kota Semarang periode 2015 – 2020 telah melaksanakan Musypimda II. Pelaksanaan  diselenggarakan di SMK 1 Muhammadiyah Semarang  jl Indraprasta No. 37 Pendrikan Lor Kec Semarang Tengah, Semarang. Pada hari Ahad, tgl 6 September 2020 M pada jam 09.00 – 12.00 wib.

 

Ibu DR Dyah Nugrahani M. Hum., selaku pembawa acara, membuka Musypimda II PDA kota Semarang tepat pukul 09.00 wib. Setelah membuka acara, mengajak peserta musypimda baik yang luring maupun daring untuk  menundukan kepala memohon ridho Allah SWT agar acara bisa berjalan dengan lancar.

 

Musypimda II sedianya akan dilakukan pada tanggal 29 Maret 2020 yang lalu. Persiapan sudah matang namun ada kebijakan pemerintah larangan berkumpul dalam jumlah besar, maka dibatalkan. Sehubungan dengan pandemi covid-19. Pada akhirnya PDA kota Semarang memutuskan Musypimda II dilaksanakan dengan daring dan luring. Pimpinan harian, ketua Majelis dan Lembaga PDA mengikuti secara luring di SMK 1 Muhammadiyah. Protokol kesehatan tetap diterapkan sesuai prosedur. Sedangkan peserta dari PCA se-kota semarang mengikuti dari tempat masing-masing secara daring dengan media zoom meeting.

 

Acara pelaksanaan Musypimda berlangsung dengan lancar dan hikmat. Setelah pembacaan ayat suci Al Qur’an Surat Ali Imron ayat 159 – 160, oleh siswi SMK Muhammadiyah ananda Nuke Dyah Pangesti. Dilanjut menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, Mars ‘Aisyiyah secara luring dan daring dipimpin oleh ibu Esih Mukti P. S.Pd. guru SMK 1 Muhammadiyah Semarang.

 

Pada acara pembukaan Musypimda II, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Ibu Widyastuti Renaningsih, SH. menyampaikan pidato iftitah. Beliau menyampaikan laporan kegiatan dan kondisi ‘Aisyiyah secara umum, yaitu kegiatan setelah dilakukan Musypimda I. Musypimda II mengundang secara virtual Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang bapak  Drs. H. Fachrur Rozi, M.Ag. Dalam  sambutannya beliau menyampaikan bahwa tugas ‘Aisyiyah adalah membangun umat, ‘Aisyiyah harus bisa sebagai rahmatan lil alamin, harus menjadi jalan kebahagiaan dunia akhirat dan harus dapat mewujudkan kemaslahatan dan manfaat bagi di masyarakat. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah harus mempunyai prioritas amal. ‘Aisyiyah harus mempunyai kader yang tangguh dan kontinyu, bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat sekitar, bergerak dengan berbasis data dan harus bersinergis dengan PDM juga ortom muhammadiyah yang lainnya. Untuk semua itu maka sangat diperlukan strategi baik institusional maupun personal.

 

Musypimda II dibuka secara resmi oleh Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah Ibu DR. Umul Baroroh, M.Ag.  Sebelum  meresmikan Musypimda II beliau memberikan sambutan secara virtual. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa masa kepemimpinan periode 2015 – 2020 diperpanjang 2 tahun. Hal ini karena dampak dari pandemi covid-19, menyebabkan Muktamar ‘Aisyiyah ke 48 juga mengalami penundaan yang belum dapat dipastikan waktunya. Untuk itu Ibu Umul menghimbau kepada PDA Kota Semarang untuk meneliti kembali program program kerja yang belum terlaksana. Merevitalisasi kembali program kerja yang sudah ada dan menambah program baru yang bisa dilaksanakan. Beliau juga berpesan agar di masa pandemi ini ‘Aisyiyah jangan berhenti, bahkan harus lebih aktif dan kreatif dalam berkegiatan.

 

Acara pembukaan Musypimda II telah selesei. Dan dilanjut acara penguatan organisasi oleh Ibu DR. Listyaning Sumardiyani, M. Hum. Laporan Pertanggung Jawaban yang disampaikan oleh Ibu sekertaris 1 PDA Kota Semarang Ibu Aminah Kurniasih S.Pd. M.Pd. Adapun  dinamika PCA yang dipandu oleh Ibu Dra Nur Badriyah. PCA yang mewakili adalah 3 PCA: Semarang Tengah, Ngaliyan dan Tembalang. Semua dilakukan secara virtual dan tanggapan dari peserta diajukan secara tertulis lewat chat. Moderator oleh pembawa acara Ibu DR Dyah Nugrahani M. Hum.

Sehubungan dengan pelaksaan secara virtual maka proses musypimda dipersingkat tanpa ada sidang komisi. Acara berakhir sesuai yang dijadwalkan. Dan terselenggara dengan lancar, sukses atas ridho Allah azza wajalla.

 

[Indah LPPA]

Shared Post: