'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) 'AISYIYAH KOTA SEMARANG
26 Desember 2017 11:09 WIB | dibaca 884

 

Semarang, 26 Desember 2017

Germas adalah merupakan program pemerintah Indonesia yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Salah satu tujuan yang ingin diraih adalah mencegah penyakit yang tidak menular, misal: tekanan darah tinggi, stroke, jantung, kanker dan kencing manis.

Aisyiyah adalah merupakan salah satu organisasi masyarakat perempuan yang mengambil peran dalam mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Melalui kader kader Aisyiyah di tingkat Cabang dan Ranting bergerak bersama sama dalam mensukseskan program tersebut.

Salah satu Pimpinan Cabang Aisyiyah Semarang Timur, PDA Kota Semarang pada hari Sabtu, tanggal 23 Desember 2017 mengadakan sosialisasi GERMAS kepada warga Aisyiyah dan simpatisan di gedung Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) BMT  At Taqwa Halmahera Semarang Timur. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan pada tanggal 19 Desember di Pimpinan Ranting Rejosari oleh ibu Elly Ardiati dan tanggal 20 Desember di Masjid Al Ikhlas saat pengajian PCA Semarang Timur oleh ibu Kibtiah.

Sebagai pemateri saat ini adalah ibu Sri Haryati Slamet S. Dalam kesempatan tersebut Ibu Sri menyampaikan bahwa, GERMAS menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat. Adapun materi yang disampaikan meliputi  kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

   

 

 Setelah sosialisasi GERMAS selesei dilanjut acara pengajian rutin oleh bapak Gunarso dan diakhiri dengan makan siang bersama, dengan menu makanan sehat. Pada kesempatan tersebut KSPPS At Taqwa juga membuka pasar sembako murah buat warga Aisyiyah PCA Semarang Timur.

 

[Nurlaela, SmgTmr]

Shared Post: