'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PANDEMI CORONA BANGKITKAN KEPEDULIAN ANTARSESAMA
24 April 2020 10:17 WIB | dibaca 408

Ketua PCA Semarang Timur sedang memberikan bantuan ke jamaah pengajian Al Ikhlas

PCA Semarang Timur pada hari Kamis, 23 April 2020 mengadakan kegiatan sosial bertajuk “Bakti Sosial PCA Semarang Timur Terdampak Pandemi Covid-19”. Kegiatan sosial itu dilaksanakan di Kantor PCA/PCM Semarang Timur, Jalan Rejosari IX/3 dalam bentuk pembagian sembako kepada para korban terdampak Covid-19 di wilayah Semarang Timur.

Sejak dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, virus Covid-19 yang menyerang tubuh manusia telah memengaruhi segala aspek kehidupan. Penularannya yang begitu cepat dalam hitungan hari, telah membuat pemerintahan di berbagai negara mengambil langkah yang cukup sulit yaitu me-lockdown kota atau negara demi mencegah makin merajalelanya si Covid-19.

Pemerintah Indonesia walaupun tidak mengambil langkah lockdown, namun program Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) terpaksa dijalankan. Dijalankannya program PSBB ternyata berdampak pada sistem perekonomian. Contohnya adalah dengan diliburkannya sekolah, maka pedagang kecil di sekitar sekolah berkurang atau bahkan tidak memiliki penghasilan. Tidak diperkenankannya kerumunan massa, menyebabkan beberapa perhelatan terpaksa ditunda. Pegawai butik terpaksa diliburkan, pekerja pabrik terpaksa dirumahkan, sektor pariwisata yang beberapa waktu menjadi andalan kini mati suri. Pekerja-pekerja tersebut mendadak sontak tidak berpenghasilan. Otomatis mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup mendasar mereka.

Melihat keadaan yang seperti itu, ‘Aisyiyah sebagai organisasi sosial tergerak untuk membantu. PDA Kota Semarang mengawali gerakan memberi bantuan korban terdampak covid-19 bersama dengan PDM Kota Semarang dengan menggandeng Lazismu. Gerakan ini kemudian diikuti oleh PCA-PCA di Kota Semarang, di antaranya PCA Semarang Timur.

Dana pembelian sembako diperoleh dari sedekah subuh para pengurus PCA, ditambah dengan infaq jamaah pengajian PCA di Masjid Al Ikhlas. Sumber dana yang lain adalah laba hasil penjualan berbagai produk ‘Aisyiyah oleh MEK dan infaq jamaah tarling yang dihimpun oleh MKS. Tidak ketinggalan beberapa donator yang tak mau disebut namanya turut menyumbang untuk acara tersebut.

Dalam sambutannya Bu Ida Samroni selaku ketua PCA Semarang Timur berpesan agar bantuan itu betul-betul sampai kepada yang berhak. Bantuan itu juga sebagai upaya bahwa  ‘Aisyiyah bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar.  Paket dibagikan ke PRA-PRA se-PCA Semarang Timur. Tidak ketinggalan, beberapa jamah pengajian PCA di Masjid Al Ikhlas juga mendapatkan bantuan tersebut.

 

[Nurlaela, SmgTmr]

Shared Post: