'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
BAITUL ARQOM PCA SEMARANG BARAT : UPAYA PENGKADERAN 'AISYIYAH
27 Januari 2020 15:09 WIB | dibaca 380

Peserta Baitul Arqom PCA Semarang Barat

Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Semarang Barat yang diketuai Dra. Hj. Minangwati, M.Pd. menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqom pada hari Jumat-Sabtu, 17-18 Januari 2020, bertempat di Hotel KUSMA Bandungan, Kabupaten Semarang. Kegiatan Baitul Arqom diikuti oleh 50 peserta, yang terdiri atas 25 orang PCA, 10 orang guru TK ABA, 7 orang guru SD Muhammadiyah 7 dan Muhammadiyah 12, serta 8 orang guru SMP Muhammadiyah 4 Semarang.

Baitul Arqom ini adalah salah satu bentuk pengaderan ‘Aisyiyah yang merupakan modifikasi atau penyesuaian dan penyederhanaan dari Darul Arqom Muhammadiyah. Kegiatan ini berorientasi pada pembinaan Ideologi dan Kepemimpinan, untuk menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan, cara berfikir dan cara bertindak di kalangan pimpinan maupun anggota dalam mewujudkan Visi dan Misi ‘Aisyiyah.

Sebagai organisasi perempuan ‘Aisyiyah memiliki tanggung jawab mengembangkan dan menyosialisasikan Ideologi Muhammadiyah. Dalam hal ini Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Semarang Barat memandang perlu melakukan revitalisasi dan reaktualisasi gerakan di semua tingkatan organisasi, agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar dan bermakna bagi kehidupan ummat, masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan, melalui program kegiatan yang langsung dapat menyentuh denyut kehidupan masyarakat. Dalam hal ini pengkaderan melalui Baitul Arqom merupakan salah satu jawaban untuk menyiapkan kader yang memiliki kemampuan, kecakapan, kepekaan dan memiliki semangat yang tinggi secara istiqomah dan sistemik.

Kegiatan Baitul Arqom PCA Semarang Barat ini dibuka oleh Ketua PDA Kota Semarang, Hj. Widyastuti Renaningsih, S.H. Kegiatan selanjutnya dipandu oleh Tim MOT yang sekaligus merupakan Ketua Majelis Pendidikan Kader PDA dan PDM Kota Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel KUSMA Bandungan ini diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta. Menurut ketua panitia, Hj. Rugayawati, S.H. M.M., kegiatan diadakan di Bandungan dengan harapan agar memberi suasana yang berbeda, sehingga diharapkan kegiatan lebih efektif dan menyenangkan.

Pada awal kegiatan, peserta Baitul Arqom menerima materi Fiqih Ibadah yang disampaikan oleh Drs. H. Hamzah Rifky Faozan, M.Si. Materi yang disampaikan meliputi : Faham Agama dalam Muhammadiyah dan Asas/Landasan Ibadah. Materi kemudian dilanjutkan dengan materi Matan Keyakinan & Cita-Cita Hidup Muhammadiyah yang disampaikan oleh Drs. H. Machasin, M.Si. Materi terakhir pada hari pertama adalah Fathul Qulub, Cara Berjuang di Muhammadiyah/’Aisyiyah yang disampaikan oleh Drs. H. Abdullah Muhajir.

Kegiatan hari kedua diawali dengan Qiyamul Lail, ceramah, dan sholat subuh berjamaah. Usai sholat subuh peserta mengikuti senam untuk menjaga kebugaran selama kegiatan berlangsung. Selanjutnya peserta kembali mendapatkan materi, yang meliputi : Adabul Mar’ah oleh M. Isa Thoriq A., S.Hum, dan materi Profil Kader ‘Aisyiyah oleh Dr. Hj. Mufnaetty, M.Ag.

Turut hadir dan menjadi peserta dalam kegiatan Baitul Arqom ini, dua orang sesepuh PCA Semarang Barat, yaitu Ibu Hj. Maisunah Legowo dan Ibu Hj. Fadholi, yang semangatnya dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tidak kalah dengan peserta muda lainnya. Keikutsertaan beliau berdua mampu memompa semangat para peserta muda dari kalangan guru TK, SD, dan SMP untuk aktif berkecimpung dalam kegiatan ‘Aisyiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, dan Muhammadiyah. Dengan demikian, diharapkan melalui kegiatan Baitul Arqom Aisyiyah Semarang Barat ini akan muncul kader-kader ‘Aisyiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, dan Muhammadiyah yang bersemangat, serta  berkomitmen aktif dalam berorganisasi dan berdakwah

[Minang SemBar]

Shared Post: